Monthly Archives: March 2016

Kriteria Pekerja Bangunan yang Patut Dipilih

Pekerja BangunanMemiliki rencana untuk mendirikan sebuah bangunan baik itu rumah, gedung, resto, maupun apartemen, pekerja menjadi salah satu hal yang patut dipertimbangkan secara matang. Dikatakan demikian karena kinerja para tukang sangat dominan mempengaruhi kualitas hasil bangunan yang didirikan. Jika pekerja membangun secara profesional, besar kemungkinan bangunan yang didirikan kualitasnya bagus. Begitu pula sebaliknya, apabila para tukang membangun secara asal-asalan, bukan tidak mungkin bangunan bisa cepat rusak, misalnya lantai mudah retak, dinding lembab, atap bocor, dan lain sebagainya. Tentunya, ini merupakan hal yang sangat merugikan. Maka dari itu, memilih pekerja tidak boleh secara sembarangan. Tahukah Anda, ada tiga kriteria pekerja yang pada dasarnya patut dipilih supaya bangunan yang didirikan hasilnya sesuai harapan, di antaranya memiliki banyak pengalaman, menawarkan tarif yang sesuai, dan memberikan garansi bangunan. Silakan Anda ikuti uraian berikut untuk mengetahui hal ini lebih dekat:

Memiliki banyak pengalaman

Pekerja yang memiliki banyak pengalaman tentu ilmunya sudah cukup tinggi baik itu mengenai desain interior maupun eksteior bangunan, sehingga sangat memungkinkan untuk mendapat bangunan yang sesuai harapan. Tanyakan hal ini kepada calon pekerja sebagai cara awal dalam pemilihan pekerja. Jika pekerja merupakan seorang kontraktor ada baiknya ketahui terlebih dahulu reputasi perusahaan, pastikan bahwa reputasinya harum. Ingat, kontraktor yang terpercaya memiliki Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK), dengan melihat surat izin tersebut tentunya Anda bisa mengetahui identitas pekerja salah satunya pengalaman. Namun jika pekerja bangunan adalah tukang yang ingin Anda pilih, ada baiknya minta rekomendasi dari para kerabat untuk mendapatkan pekerja yang berpengalaman, salah satunya dengan melihat hasil bangunan yang telah dirikan dalam kualitas yang bagus.

Menawarkan tarif yang sesuai

Tarif pekerja tentu saja menjadi hal yang juga wajib diperhitungkan dalam pembangunan. Sebab, biaya yang besar utamanya digunakan untuk membeli material bangunan dan juga membayar jasa para pekerja. Semakin banyak material dan lamanya waktu pengerjaan bangunan yang dibutuhkan, pastinya akan semakin tinggi pula dana yang mesti dikeluarkan. Hal ini bisa berakibat fatal jika tidak dianggarkan dengan baik. Bila material kurang atau pekerja tidak diupah, tentu pembangunan akan terhambat. Oleh sebab itu, dalam memilih pekera, kriteria yang patut dipilih adalah pekerja yang menawarkan tarif yang relatif sesuai, baik itu serasi dengan jumlah hari kerja maupun selaras dengan tarif pekerja pada umumnya. Tarif yang disepakati bersama tentunya dapat memberikan kerjasama yang baik sehingga hasilnya pun bisa memenuhi harapan.

Memberikan garansi bangunan

Setiap manusia tentunya memiliki kesalahan, termasuk kelalaian dalam bekerja. Inilah pentingnya memilih pekerja yang juga memberikan garansi bangunan agar dapat meminimalisir berbagai bentuk kerugian di masa yang akan datang (dalam kurun waktu yang ditentukan), seperti atap rumah bocor, lantai retak, saluran mampet, dan berbagai bentuk kerugian lainnya. Pekerja yang terpercaya tentunya akan melaksanakan tugasnya sebaik mungkin sehingga peluang rusaknya bangunan sedikit, bahkan mungkin tidak. Dengan kata lain, garansi diberikan sebagai jaminan jika bangunan yang didirikan memang tidak berkualitas, maka Anda bisa komplain dan meminta perbaikan tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk membayar jasa pekerja kembali. Itulah sebabnya, pekerja yang dapat memberikan garansi banguan merupakan salah satu kriteria dari banyak pekerja yang patut dipilih.

Setelah menyimak uraian di atas, tentunya kebingungan dalam memilih pekerja bangunan yang terbaik sudah dapat terpecahkan. Berbicara mengenai pendirian bangunan, hal yang juga penting diperhatikan adalah memilih waktu yang tepat untuk membangun. Usahakan agar dapat membangun bukan di musim hujan, jika tidak besar kemungkinan pendirian bangunan menjadi terhambat karena cuaca yang tidak mendukung.