Monthly Archives: May 2016

Kebiasaan Buruk yang Bisa Berakibat Fatal untuk Rumah

bad iconTempat terbaik untuk beristirahat dan berkumpul bersama keluarga tercinta adalah rumah. Tidak dapat dipungkiri bahwa rumah adalah tempat yang tidak bisa dilupakan. Kemanapun seseorang pergi merantau, dia akan selalu rindu dan ingin kembali ke tempat tinggalnya. Sayangnya, ada banyak orang di luar sana yang tidak mempedulikan rumah mereka. Mereka biasa suka melakukan kebiasan-kebiasaan buruk seperti di bawah ini yang bisa berakibat fatal untuk rumah mereka:

Meninggalkan rumah dengan kompor gas yang masih menyala

Entah dengan alasan lupa atau sengaja, banyak pemilik rumah yang suka meninggalkan rumah dengan kompor gas yang masih menyala. Perlu disadari bahwa hal ini dapat memicu kebakaran dan menghanguskan seluruh rumah. Kompor gas yang menyala dan digunakan untuk memasak sesuatu akan membuat makanan atau air yang dimasak mongering sehingga membuat perabotan masak menjadi panas dan terbakar. Biasanya api akan segera menjalar secara berlahan dan menimbulkan kepulan asap. Apabila hal ini tidak segera disadari oleh tetangga atau orang-orang di sekitar rumah, tentu saja rumah tersebut akan terbakar dan menghabiskan seluruh benda berharga di dalamnya.

Oleh sebab itu, sebelum pergi meninggalkan rumah entah itu untuk 30 menit atau pun 1 jam lebih, sebaiknya matikan dulu kompor gas. Pastikan untuk melakukan pengecekan dua kali sebelum benar-benar pergi. Hal ini sangatlah penting karena ada banyak orang yang merasa sudah melakukannya padahal kompornya masih menyala.

Membiarkan kerusakan-kerusakan kecil pada bagian rumah

Seiring berjalannya waktu, rumah akan mengalami kerusakan di berbagai bagian, entah itu lantai, dinding, atap, atau kerangka rumah. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar dan pemilik rumah harus memperbaikinya segera. Sayangnya, kebanyakan orang mengabaikan hal ini karena merasa bahwa kerusakan-kerusakan kecil pada bagian rumah mereka adalah masalah yang sepele. Sadari bahwa lama kelamaan hal ini akan membuat kerusakan tersebut semakin besar atau parah sehingga rumah akan mengalami kerusakan fatal. Sebagai contoh, apabila terjadi kerusakan pada kerangka atap dan kerusakan tersebut tidak segera dibenahi, tentu kerangka akan patah dan atap rumah akan ambruk dan menimpa penghuni rumah. Ini masalah serius yang bisa merenggut nyawa. Oleh sebab itu, jangan pernah abaikan kerusakan kecil di rumah. Cari cara untuk segera memperbaikinya agar rumah tidak rusak.

Membuang sampah sembarangan

Kebiasaan buruk yang satu ini kerap sekali terjadi di depan mata dan bahkan kebanyakan orang tidak mempermasalahkan hal ini. Mengapa demikian? Banyak orang berpikir bahwa membuang sampah sembarangan tidak akan merugikan orang lain. Mereka juga berharap bahwa sampah yang mereka buang akan terkubur tanah atau dibersihkan oleh orang lain. Sayangnya, pada kenyataanya tidaklah begitu. Sampah-sampah plastik tidak akan hancur hingga jutaan tahun lamanya. Apabila terus menumpuk, terutama di saluran air, hal ini akan menyebabkan air menguap ketika musim hujan tiba. Tentu saja, hal yang akan terjadi selanjutnya adalah banjir. Jika rumah sudah tergenang banjir, ada banyak perabotan rumah yang rusak dan rumah pun bisa rusak juga. Bayangkan jika banjir mengandung lumpur hitam yang apabila menempel pada dinding rumah, dinding akan sulit untuk dibersihkan.

Oleh sebab itu, apapun alasannya buanglah sampah pada tempatnya. Pisahkan mana sampah organik dan anorganik agar truk pengangkut sampah bisa cepat membersih tumpukan sampah. Ajak tetangga dan orang-orang terdekat melakukan kebiasaan baik ini agar rumah dan lingkungan tempat tinggal tetap terjaga.